ToT Instruktur LPQ Bersanad, Pemhida Kaltim Sukseskan Program Utama Hidayatullah

Ummulqurahidayatullah.id–  Pengurus Daerah (PD) Pemuda Hidayatullah Kota Balikpapan mengadakan Training of Trainer (ToT) Instruktur Lembaga Pendidikan Qur’an (LPQ) Bersanad. Acara pembukaan ToT ini dilakukan di Masjid Ar-Riyadh Hidayatullah Ummulqura Gunung Tembak, Balikpapan, 22 Sya’ban 1443 H, Sabtu (26/03/2022).

Acara yang berlangsung setelah shalat subuh berjamaah itu diikuti oleh ratusan warga dan santri.

Pada pembukaan TOT itu, Ustadz Shabirin Hambali Ketua PW Pemuda Hidayatullah Kalimantan Timur menyebutkan, Pemuda Hidayatullah merupakan organisasi pendukung yang harus ikut ambil bagian mensukseskan program-program besar Hidayatullah.

“Pemuda ini adalah organisasi pendukung, kehadiran Pemuda Hidayatullah ini ikut serta mensukseskan program besar dari lembaga ini (Hidayatullah),” ucapnya.

Ia melanjutkan, Pemuda Hidayatullah harus memiliki program-program mainstream. Seperti tiga program yang sudah ada dan itu harus senantiasa selalu dikuatkan. Pprogram yang dimaksud adalah Leadership Training Center, Satu Kota/Kabupaten Satu Penulis (Sakotulis), dan LPQ Bersanad.

“Pemuda Hidayatullah hari ini harus punya program yang kuat, kita sudah memiliki tiga program. Pertama, program Leadership Training Center yaitu menyiapkan kader yang siap menyambut estafeta kepemimpinan ini.

Kedua, Satu Kota Satu Penulis, ini untuk melahirkan juru tulis-menulis peradaban. Hidayatullah ini banyak dikenal di antaranya melalui tulisan melalui majalah-majalah. Dan yang ketiga adalah dari Departemen Dakwah yaitu LPQ Gunung Tembak Bersanad,” terangnya pada sambutannya itu.

Program-program unggulan itu ia harapkan agar Pemuda Hidayatullah mampu menyeimbangi ritme pergerakan dakwah Hidayatullah, yang menggunakan pendekatan dengan Al-Qur’an.

“Hidayatullah dengan ritmenya, dengan pendekatan Al-Qur’an, Pemuda Hidayatullah pun sama mengikuti apa yang menjadi ritme Hidayatullah, ini kita selalu kita perhatikan guna untuk membangun peradaban,” sambungnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ustadz Muzhirul Haq, bahwa program unggulan LPQ Bersanad harus menjadi program  utama Pemuda Hidayatullah.

“Berawal dari keresahan melihat situasi bagaimana interaksi umat terhadap Al-Qur’an, ketika kami diamanahkan (sebagai pengurus) bidang dakwah Pemuda Pusat, maka kami mensyaratkan LPQ harus jadi gerakan mainstream utama Pemuda Hidayatullah,” ucap dosen muda STIS Hidayatullah itu.

Diamanahkan sebagai Ketua Departemen Dakwah PP Pemuda Hidayatullah, ia merasa bersyukur karena program itu disambut baik oleh seluruh jamaah terutama warga Hidayatullah.

“Alhamdulillah luar biasa sambutan daripada peserta menyambut gerakan ini. Hingga saat ini tetap eksis menjadi gerakan mainstream Pemuda Hidayatullah,” sambungnya.

Setelah sambutan itu, pekikan takbir bergema di Masjid Ar-Riyadh Hidayatullah Gunung Tembak yang dipimpin langsung oleh Ustadz Muzhirul Haq, menandakan pembukaan TOT itu.* (Muas/MCU)

Baca juga: Rakerda Pemhida Balikpapan Plus Daurah Qur’an Bersanad, Dihadiri Pemkot dan Kemenag

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.