Tebar 1.000 al-Qur’an, SYP Bagi-bagi Mushaf untuk Santri SMH Balikpapan

Komunitas Sahabat Yatim Pedalaman (SYP) berbagi mushaf al-Qur’an untuk santri SMH Balikpapan di Gunung Tembak Sabtu (18/12/2021).* [Foto: LPPH/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Mengusung Program Tebar 10.000 al-Qur’an, Komunitas Sahabat Yatim Pedalaman (SYP) tak henti mendistribusikan mushaf al-Qur’an ke seluruh pelosok Indonesia, hingga jelang tutup tahun 2021.

Baru-baru ini, SYP bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Pengkaderan Hidayatullah (LPPH) Balikpapan membagikan mushaf al-Qur’an buat santri Sekolah Menengah Hidayatullah (SMH) Raadhiyatan Mardhiyyah Putra Balikpapan, Kalimantan Timur. Baik santri tingkat Tsanawiyah (SMP) dan juga Aliyah (SMA).

Tak kurang dari delapan kotak atau 320 mushaf al-Qur’an habis terbagi dalam momen kepulangan santri selama liburan semester ganjil barusan. Diharapkan, mushaf ini bisa langsung dipakai untuk tetap menjaga hafalan (muraja’ah) al-Qur’an selama santri berlibur di rumah.

“Alhamdulillah, momennya sangat pas, yaitu masa liburan semester. Jadi mushaf ini bisa langsung dibaca oleh santri atau bisa juga dihadiahkan kepada orang tua di rumah,” ucap Masykur, Ketua LPPH Balikpapan, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Kisah Pekerja Bangunan: Dulu Bolong-bolong Shalatnya, Kini Rajin ke Masjid Ar-Riyadh

Menurut Masykur, liburan santri SMH kali ini tidak bermakna sekadar libur sekolah atau bebas pergi berwisata kemana saja. Namun para santri juga dipesan agar berdakwah di lingkungan sekitar. Setidaknya dengan tetap menjalankan semua kegiatan positif yang selama ini rutin dilakukan santri di pesantren.

Sebut saja sebagai contoh, santri diminta menegakkan shalat lima waktu berjamaah di masjid, membaca al-Qur’an setiap hari, gemar berinfaq, hingga menjaga akhlaq mulia dan suka membantu orang lain.

Untuk itu, seluruh santri SMH lalu mendapat bekal dakwah berupa tas kecil (goodie bag). Masing-masing tas berisi mushaf al-Qur’an, buku wirid “Ma’tsurat”, brosur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dan juga sejumlah sticker tentang ajakan modok di pesantren.

“Adanya bantuan mushaf al-Qur’an dari SYP ini tentu akan membantu santri dalam menjalankan tugas dakwah tersebut,” lanjut Masykur yang juga pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan.

Baca juga: Hari Bahasa Arab se-Dunia, PUZ-STIS Undang 2 Tokoh Internasional

Sisi lain, SYP juga merasa bersyukur bisa turut andil berkontribusi dalam pengembangan pendidikan dan dakwah di tengah masyarakat. Disebutkan, selama ini mereka fokus mengambil peran di wilayah pedalaman atau daerah yang sulit terjangkau.

“Terima kasih para donatur dan semua yang terlibat dalam gerakan Tebar 1.000 al-Qur’an ini,” tutup Ustadz Farhan Fadhlullah, seorang pengurus SYP.* (Media Center Ummulqura Hidayatullah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.