Kerja Sama Hidayatullah – UDEF Kuatkan Mahasiswa Antarbangsa di Turki

Jaringan Federasi Organisasi Mahasiswa Antarbangsa (UDEF) jalin kerja sama dengan Departemen Hubungan Antarbangsa DPP Hidayatullah, Rabu, 27 Sya’ban 1443 (30/03/2022). [Foto: Hidayatullah.or.id/istimewa]

Ummulqurahidayatullah.id– Dengan izin Allah, mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang belajar di Turki yang mendapat rekomendasi dari Hidayatullah akan dibersamai oleh jaringan UDEF (Federasi Organisasi Mahasiswa Antarbangsa) untuk berbagai keperluannya selama kuliah.

Kesepakatan itu diresmikan pada Rabu, 27 Sya’ban 1443 (30/03/2022), lewat penandatanganan “Agreement to Cooperation in Good”. Hidayatullah diwakili Ketua Departemen Hubungan Antarbangsa Dewan Pengurus Pusat Dzikrullah W. Pramudya, sedangkan UDEF diwakili Wakil Presiden Muhammad Malik Taylan.

UDEF adalah payung organisasi mahasiswa antarbangsa terbesar di Turki, beranggotakan 69 perhimpunan mahasiswa di 53 provinsi dan 75 kota di seluruh negeri itu.

Di antara isi kesepakatan itu, bagi mahasiswa-mahasiswi yang direkomendasi Hidayatullah, UDEF akan membantu mencarikan tempat tinggal yang termurah dan bermutu, bahkan jika mungkin cuma-cuma.

UDEF juga membantu mempermudah hubungan mahasiswa dengan universitas; membukakan peluang-peluang beasiswa; serta melibatkan mahasiswa-mahasiswi dalam berbagai kegiatan tahunan untuk pengembangan diri dan prestasi.

“Kami ingin agar setiap mahasiswa mendapat semua keperluan belajarnya sebaik mungkin, agar prestasinya setinggi mungkin, sekaligus memperluas pergaulan antarbangsanya,” jelas Muhammad Malik Taylan, Wakil Presiden UDEF.

“Kerja sama ini memastikan setiap mahasiswa kita punya abang dan kakak yang siap membantu dan menolong dalam keadaan apapun, sehingga di masa depan mereka melakukan hal yang sama untuk adik-adiknya,” kata Dzikrullah W. Pramudya, Departemen Hubungan Antarbangsa DPP Hidayatullah.

Pertukaran

Selain yang di Turki, kesepakatan ini juga menjadikan Hidayatullah sebagai tuan rumah bagi pengiriman mahasiswa Turki dan bangsa-bangsa lain yang direkomendasi UDEF untuk menjadi relawan-relawan mengajar di berbagai pesantren dan sekolah Hidayatullah di seluruh Indonesia.

“Mereka akan liburan dengan kegiatan bermanfaat, misalnya mengajar bahasa Inggris, bahasa Turki, sains, olah raga dan lain-lain tinggal bersama para santri dan keluarga kita, memperkuat persaudaraan,” tukas Dzikrullah. Semoga Allah meridhoi.* (ybh/hio)

Sumber: Hidayatullah.or.id

Baca juga: Tapak Tilas Sukses Ramadhan KH Abdullah Said: Jam 12 Malam Bangun Tahajud

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.