Hasil Asesmen Pesantren Hidayatullah, Kampus Induk Balikpapan Kategori Unggul

Pengurus inti YPPH Ummulqura Balikpapan berfoto bersama sertifikat asesmen standardisasi pesantren di arena Rakernas Hidayatullah, Jakarta, Kamis (09/12/2021).* [Foto: Istimewa/MCU]

JAKARTA– Kampus Induk Hidayatullah Ummulqura Balikpapan mendapatkan kategori Unggul dalam Asesmen Standardisasi Pondok Pesantren Hidayatullah se-Indonesia yang dilakukan oleh DPP Hidayatullah.

Sertifikat hasil penilaian tersebut diberikan pada rangkaian acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Hidayatullah di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jl Cipinang Cempedak 1/14, Jakarta, Kamis (09/12/2021).

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Ummulqura Balikpapan, Ustadz Hamzah Akbar, menerima langsung sertifikat itu dari Ketua Bidang Tarbiyah DPP Hidayatullah, Ustadz Abu A’la Abdullah.

“Berdasarkan Keputusan Tim Asesor Standardisasi Pesantren Hidayatullah untuk Kampus Induk dan Utama Tahun 2021, Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah menyatakan bahwa Pesantren Hidayatullah Kampus Induk Ummul Qura Balikpapan mendapatkan hasil asesmen: Nilai: 90, Peringkat: A, Kategori: Unggul,” bunyi keterangan pada Sertifikat Asesmen tersebut dikutip Media Center Ummulqura (MCU) Hidayatullah.

Sertifikat itu berlaku selama tiga tahun, tambah keterangan DPP Hidayatullah, yang ditandatangani Ustadz Abu A’la Abdullah dan Ketua Departemen Kepesantrenan Ustadz Muhammad Syakir Syafi’i.

Hasil asesmen itu ditetapkan di Jakarta, 24 Shafar 1443 H bertepatan 1 Oktober 2021.

Sekretaris YPPH Ustadz Abul A’la Maududi di Jakarta kepada MCU menyampaikan rasa syukurnya atas hasil penilaian oleh DPP tersebut.

“Prinsipnya kami Pengurus Inti YPPH bersyukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala karena memang juga standardisasi itu adalah wujud dari kita menjaga kualitas,” ujarnya.

Ia mengatakan, hasil penilaian tersebut tentunya masih kurang sehingga harus ditingkatkan lagi ke depannya. “Dan (ini) harus menjadi pelecut karena segala sesuatunya itu pasti diukur, dimuhasabah bahwa kita senantiasa harus meningkat,” imbuhnya.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad, jajaran DPP Hidayatullah terutama para asesor, Dewan Pengawas dan Dewan Pembina Hidayatullah Ummulqura, serta para asatidz lainnya.

Demikian pula ucapan terima kasih atas dukungan setiap Bidang, Departemen, dan Unit di YPPH Balikpapan, mulai dari Bidang I (Pendidikan dan Pengkaderan), Bidang II (Dakwah dan Pelayanan Umat), serta Bidang III (Umum), begitu pula Bidang Kebendaharaan.

Yang paling penting pula, tambahnya, kita harus berterima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam proses asesmen tersebut, khususnya dari Bidang Sekretariat YPPH Balikpapan, begitu pula kepada segenap Pengurus YPPH dan jamaah Hidayatullah di Balikpapan pada umumnya.

“Seluruh teman-teman staf yang bekerja siang malam mengoptimalkan proses-proses dokumentasi dan pengumpulan data base, sehingga Allah anugerahkan apresiasi ini, karena ini semua apresiasi dari Allah Subhanahu Wata’ala kepada kita dan jadi pelecut supaya kita semua menjadi lebih hebat lagi,” ujarnya.

Rakernas Hidayatullah berlangsung di Jakarta selama tiga hari (09-11/12/2021) dengan mengusung tema “Konsolidasi Idiil Organisasi dan Wawasan Menuju Standarisasi, Sentralisasi, dan Integrasi Sistemik”.

Sebelumnya, DPP Hidayatullah mulai tahun 2021 ini melakukan penataan berkelanjutan berupa program kegiatan Asesmen Standardisasi Yayasan Pesantren Hidayatullah.

Pelaksanaan asesmen ini dilakukan berdasarkan amanat Pedoman Organisasi (PO) No. 3 Tahun 2015 dengan melibatkan unsur terkait berkenaan dengan keorganisasian, kelembagaan, keuangan, dan lain sebagainya.

“Program dimulai dari Kampus Induk dan Kampus Utama. InsyaAllah akan disusul berikutnya oleh Kampus kampus Madya dan Pratama se-Indonesia,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Hidayatullah Abdul Ghofar Hadi dikutip Hidayatullah.or.id, Ahad, 29 Zulhijjah 1442 H (08/08/2021).

Ia menambahkan, kegiatan asesmen standardisasi yayasan ini diawali dengan tahapan sosialisasi dan bimbingan teknis.

Kemudian selanjutnya disusul dengan asesmen secara online untuk melakukan verifikasi kesiapan Kampus Induk maupun Kampus Utama.

Kemudian, tahapan terakhir adalah dilakukan asesmen secara offline atau visitasi lapangan oleh tim Asesor untuk Kampus Induk maupun Kampus Utama yang semuanya berasal dari unsur pengurus DPP Hidayatullah.* (SKR/MCU)

Baca juga: Rakernas Hidayatullah Digelar 3 Hari di Jakarta

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.