Anggota Dewan Murabbi Hidayatullah: 3 Macam Orang Melihat Harta

[Ilustrasi] Petugas Masjid Ar-Riyadh mengumpulkan kotak-kotak infaq setelah shalat Idul Adha 1442H.* [Foto:SKR/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Anggota Dewan Murabbi Pusat Hidayatullah, Ustadz Hanifullah Hannan menyampaikan tentang 3 macam orang di dunia ini dalam memposisikan kekayaan atau harta.

Menurut Gus Hanif, begitu ia karib disapa, jenis orang pertama adalah orang yang merasa bahwa dalam harta orang lain ada haknya yang mesti direbutnya.

“Meski sudah kaya masih ingin mengambil dan mengambil. Tidak ada rumus memberi. Hidupnya penuh konflik dan sengketa. Dia tidak akan merasakan ketenangan, yang ada justru kesengsaraan,” katanya dikutip dari website resmi DPP Hidayatullah, Rabu (11/05/2022).

Kemudian, jenis kedua, adalah orang yang merasa bahwa hartanya adalah mutlak miliknya. Karena menurutnya murni hasil usahanya. Adalah haknya untuk memuaskan keinginannya.

“Orang yang demikian merasa berat jika harus berbagi pada orang lain. Karena seolah akan mengurangi apa yang menjadi haknya,” terangnya.

Lalu, orang jenis ketiga adalah orang yang merasa dalam hartanya ada hak orang lain; seperti fakir miskin dan sesamanya. Karena baginya harta hakikatnya adalah karunia dan titipan Allah.

“Orang yang demikian merasa beruntung bisa berbagi pada sesama. Inilah orang yang hidupnya penuh rahmat, persaudaraan, dan kasih sayang. Hidupnya bahagia,” tandasnya.* (ybh/hio)

Sumber: Hidayatullah.or.id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.