Tingkatkan Kualitas Guru-guru Putri, DPPP Gelar Uji Kompetensi

Suasana Ujian Kompetensi Guru (UKG) gelaran Departemen Pendidikan dan Pengkaderan Putri (DPPP) Hidayatullah Ummulqura Balikpapan di Gunung Tembak, Balikpapan (12/02/2022).* [Foto: Mujtahidah/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id–  Departemen Pendidikan dan Pengkaderan Putri (DPPP) Hidayatullah Ummulqura Balikpapan menyelenggarakan Ujian Kompetensi Guru (UKG) bertempat di laboratorium bahasa Sekolah Menengah Hidayatullah (SMH) putri.

Kegiatan ini diikuti 98 asatidzah dari KB Al-Aulad, RA, MI, SMH Raadhiyatan Mardhiyyah, dan Ma’had Tahfizh Usrah Mujaddidah.Beberapa materi ujian di antaranya pertanyaan seputar Al-Qur’an, Hadits, tauhid, manhaj sistematika wahyu, sirah nabawiyah, fiqih, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.

Ketua DPPP, Ustadzah Irma, SS menjelaskan, tujuan secara umum dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kompetensi guru, baik kompetensi profesional maupun pedagogik, sekaligus untuk pemetaan kompetensinya.

Selain itu, Ustadzah Irma juga menyebutkan bahwa hasil dari ujian ini akan menjadi dasar atau acuan dalam menyusun program pembinaan guru.

“Ini menjadi agenda rutin setiap tahun DPPP sebagai satu sarana peningkatan mutu guru-guru putri,” ucap Ustadzah Irma pada kegiatan Sabtu (12/02/2022) itu.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari para peserta. Sebagaimana diungkapkan seorang guru.

“Masya Allah kegiatan UKG ini benar-benar menambah wawasan kita, dan me-murajaah (mengulang) materi yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya,” ujar pendidik yang berkiprah di KB Al-Aulad Hidayatullah ini, enggan disebutkan namanya.

Menurutnya lagi, banyak pengetahuan seputar kompetensi pedagogik yang baru diketahuinya.

Kegiatan seperti itu pun diharapkan dapat memotivasi para ustadzah untuk lebih semangat meningkatkan kualitas diri sebagai seorang guru, sekaligus meningkatkan kualitas lembaga pendidikan di Hidayatullah.

Sebelumnya, DPPP juga menyelenggarakan Ikhtibar Hafalan al-Qur’an Juz 28 dan hafalan sejumlah Hadits Arbain bagi seluruh dewan guru pendidikan putri.* (Mujtahidah/MCU)

Baca juga: Dirbinmas Polda Kaltim Bersilaturahim ke Pesantren Hidayatullah Balikpapan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.