Dirbinmas Polda Kaltim Bersilaturahim ke Pesantren Hidayatullah Balikpapan

Dirbinmas Polda Kaltim, Kombes Pol Anggie Yulianto Putro, S.H., S.I.K, bersama sejumlah pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah Ummulqura Balikpapan di Gunung Tembak, Balikpapan, Selasa (08/02/2022). [Foto: SKR/MCU]

Ummulqurahidayatullah.idDirektur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim), Kombes Pol Anggie Yulianto Putro, S.H., S.I.K, bersilaturahim ke Pondok Pesantren Hidayatullah Ummulqura Balikpapan pekan ini.

Dalam silaturahim yang berlangsung rileks itu, Kombes Pol Anggie hadir dengan seragam dinasnya. Ia diterima dengan hangat oleh sejumlah jajaran pengurus harian Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan, yaitu Ustadz Abul A’la Maududi (Sekretaris), Ustadz Sujaib Saud (Bendahara), dan Ustadz Masykur (Ketua Bidang I).

Silaturahim itu digelar di Kantor YPPH, Gunung Tembak, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kaltim, pada Selasa (08/02/2022) sore. Kombes Pol Anggie bersama ajudannya tiba di Gunung Tembak sekitar pukul 14.46 WITA.

Di Kantor YPPH, mantan Karo SDM Polda Kalimantan Tengah ini berbincang hangat dengan para pengurus pesantren. Selain bersilaturahim, di antara tujuan kedatangannya juga dalam rangka menyampaikan salam dari Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si yang belum lama ini dilantik.

“Salam hangat dari Pak Kapolda,” ujar Kombes Pol Anggie.

Pihak Pesantren Hidayatullah Balikpapan merasa senang dapat dikunjungi oleh pihak Polda Kaltim, sembari berharap agar jalinan sinergi antara Hidayatullah dan kepolisian bisa terus ditingkatkan. Apalagi, Kaltim bakal menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagaimana yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Kombes Pol Anggie menilai bahwa IKN Nusantara kelak merupakan berkah bagi Kaltim. Hidayatullah pun menyambut positif kebijakan tersebut.

Pihak Polda Kaltim dan Hidayatullah Balikpapan saling berbagi harapan, cerita, dan wawasan terkait bangsa, negara, dan keagamaan. Di antara yang sempat menjadi perbincangan pada silaturahim itu adalah kesepakatan untuk sama-sama menangkal paham-paham seperti terorisme, ekstremisme, dan radikalisme.

“Jangan sampai kita disusupi (paham-paham seperti itu),” pesan Kombes Pol Anggie yang diamini oleh para pengurus YPPH Balikpapan.

Setelah silaturahim yang dirangkai dengan ramah tamah itu, Kombes Pol Anggie menyempatkan diri ikut shalat berjamaah dengan para warga, santri, dan ustadz di Masjid Ar-Riyadh Hidayatullah Balikpapan. Ia juga menyapa warga dan santri yang ditemuinya.

Kombes Pol Anggie juga sempat bertemu santri Sekolah Menengah Hidayatullah (SMH) yang bercita-cita ingin menjadi polisi. “Mantap itu,” ujar Kombes Pol Anggie yang menjadi Kapolres Paser (Kaltim) ini.

Usai shalat berjamaah, Kombes Pol Anggie ditemani Ustadz Almaududi dan sejumlah jajaran di Sekretariat YPPH termasuk Media Center Ummulqura (MCU) mengelilingi Kampus Induk Hidayatullah Balikpapan itu.

Saat berkeliling kampus, Ustadz Almaududi menunjukkan dan menjelaskan sekilas seputar kondisi terkini Pesantren Hidayatullah, baik terkait sarana dan prasarananya, hingga SDM-nya.

“Kalau santri putra, ini hukumnya ‘wajib’, harus ada lapangan bolanya,” gurau Ustadz Almaududi seraya menunjuk lapangan sepakbola yang berukuran besar disebut berukuran standar resmi. “Dan kampus-kampus kita di Indonesia rata-rata pasti ada lapangan bolanya. Malah sekarang di Jayapura, kampus kita di Holtekamp sana, buka Sekolah Sepakbola (SSB), Elie Aiboy jadi pelatihnya,” tambahnya.

Baca juga: Hidayatullah Luncurkan Sekolah Sepakbola di Jayapura, Jadi Ladang Dakwah

Kombes Pol Anggie pun antusias mendengarnya. “Masya Allah,” ujar mantan Karo SDM Polda Papua Barat ini seraya mengemudikan roda empat yang kami tumpangi berkeliling kampus.

Kombes Pol Anggie ini juga menyempatkan berfoto di tepi danau pesantren dengan latar belakang kampus putri dan Masjid Ar-Riyadh yang tampak indah.

Pihak YPPH membuka diri jika ke depan Kombes Pol Anggie akan sering-sering beranjangsana ke Pesantren Hidayatullah.

Kombes Pol Anggie juga sempat bersilaturahim dengan Sekretaris Dewan Pembina YPPH Ummulqura Balikpapan Ustadz Abdul Latief Usman.

Usai berkeliling kampus, Kombes Pol Anggie pun undur diri. “Jazakallah khair, mohon doanya, Pak Ustadz,” ujar lulusan Akademi Kepolisian (1996) ini saat berpamitan, lalu meninggalkan Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak sekitar pukul 16.48 WITA.* (SKR/MCU)

Baca juga: TNI AL Latih Mahasiswa PUZ-STIS Hidayatullah, Jaga Kedaulatan NKRI

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.