Tarhib Ramadhan 1443H Hidayatullah Balikpapan Berlangsung Semarak dan Sakral

Puncak Tarhib Ramadhan 1443 Hijriyah di Masjid Ar-Riyadh Hidayatullah Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (27/03/2022) pagi.* [Foto: SKR/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan menggelar Tarhib Ramadhan 1443H di Kampus Induk Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, selama dua hari.

Kegiatan pada Sabtu – Ahad (26-27/03/2022) ini berlangsung semarak, diikuti ratusan warga, santri, ustadz, pengurus, dan segenap jamaah Hidayatullah. Selain dari Kota Balikpapan, para hadirin juga berdatangan dari Kota Samarinda, Penajam Paser Utara, dan sekitarnya.

Tarhib Ramadhan yang mengusung tema besar “Talaqqi Al-Qur’an, Bangun Peradaban” ini dimulai pada Sabtu malam, dengan agenda Mabit Tarhib Ramadhan.

Mabit diawali dengan Talkshow oleh sejumlah dai sekaligus ustadz Hidayatullah Balikpapan, yaitu Ustadz Abdul Qadir Jaelani, Ustadz Sarbini Nashir, Ustadz Sujaib Saud, dan Ustadz Rosyid Ridha.

Setelah talkshow bertema “Tri Sukses Ramadhan di Zaman Ustadz Abdullah Said” itu, agenda selanjutnya yaitu bermalam di Masjid Ar-Riyadh. Kemudian, pada pagi dinihari, Ahad (27/03/2022), jamaah melaksanakan shalat lain berjamaah. Imam tahajud membaca 1 juz Al-Qur’an.

Pantauan Media Center Ummulqura (MCU), suasana tahajud berlangsung sakral. Warga dan santri tampak bersemangat berbondong-bondong mendatangi masjid.

Kegiatan dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah. Usai itu, diadakan tarhib puncak yang diisi oleh sejumlah pemateri.

Pada tarhib puncak ini, tampil menyampaikan sambutan di antara yaitu Ketua Panitia Ramadhan 1443H Hidayatullah Balikpapan Ustadz Muhammad Dinul Haq, Ketua Dewan Pembina YPPH Balikpapan Ustadz Muhammad Hasyim HS, dan Ketua YPPH Ustadz Hamzah Akbar. Sebagai pemateri inti yaitu anggota Dewan Pembina YPPH Ustadz Anwari Hambali.

Tarhib juga dirangkai dengan peluncuran Majalah Digital Gunung Tembak Ummulqura Hidayatullah (Madig Ummulqura). Tarhib ditutup dengan sarapan berjamaah di tepi danau dan kerja bakti.

Selain untuk menyambut bulan suci Ramadhan, tarhib ini digelar juga untuk menguatkan tiga target sukses Ramadhan yang dicanangkan YPPH Balikpapan.

“Menguatkan bahwa Hidayatullah mencoba memanggil kita semua untuk memastikan diri… dengan kesuksesan, yang pertama dari Tri Sukses tersebut adalah Sukses Ibadah. Sukses Tarbiyah yang kedua, kemudian yang terakhir adalah Sukses Pelayanan Umat,” ujar Ketua Panitia Ustadz Dinul Haq, Ahad (27/03/2022).* (SKR/MCU)

Baca juga: Tapak Tilas Sukses Ramadhan KH Abdullah Said: Jam 12 Malam Bangun Tahajud

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.