Pendidikan Ulama Zuama STIS Hidayatullah Gelar Ujian Skripsi Berbahasa Arab

GUNUNG TEMBAK– Program Unggulan Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ) Prodi Hukum Keluarga STIS Hidayatullah Balikpapan melaksanakan Ujian Skripsi (Munaqasyah) di Meeting Room Yayasan Hidayatullah Ummulqura, Balikpapan, Jum’at, 8 Rabiul Awwal (15/10/2021).

Pelaksanaan ujian skripsi mahasiswa tingkat akhir PUZ ini disaksikan oleh puluhan mahasiswa, dosen-dosen, hingga sesepuh Hidayatullah Ummulqura Balikpapan.

Acara berlangsung selama dua hari berturut dengan sejumlah tema pembahasan yang menarik. Di antaranya, misalnya, ada yang mengkaji soal Larangan Pernikahan Sesama Suku di Ocu, Kampar, Riau atau menganilisis Korelasi antara Ketahahan Keluarga dengan pasangan Disalibilitas dalam mencapai Keluarga Sakinah.

Berbeda dengan sebelumnya, ujian skripsi kali ini terhitung lebih awal dari biasanya. Ini diakui oleh Imam Faishol, Ketua Program Studi (Prodi) HK STIS Hidayatullah yang menyebut sebagai buah kesungguhan mahasiswa  yang patut disyukuri.

“Iya, memang lebih awal sekarang ini. Saat ini mereka baru masuk di awal semester tujuh secara akademik,” ucap Ustadz Faishol. Selain soal ketekunan mahasiswa, ia menilai hal ini tak lepas dari keberhasilan STIS membangun sistem akademik yang semakin baik.

“Jadi, Alhamdulillah, PUZ kini sudah punya pola standardisasi penulisan skripsi berbahasa Arab. Ini belajar dari pengalaman angkatan pertama PUZ dan revisi panduan skripsi STIS Hidayatullah,” lanjutnya kepada Media Center Ummulqura (MCU).

Untuk diketahui, STIS Hidayatullah memiliki program unggulan berupa Pendidikan Ulama Zuama (PUZ).

Sehari-hari mahasiswa PUZ fokus di penguasaan Bahasa Asing secara aktif dan pendalaman literatur klasik yang merujuk kepada karya-karya para ulama.

Asyraf Andika mengaku lega dengan ujian skripsi yang baru saja selesai. Meski masih akan melewati beberapa tahap lanjutan, tapi setidaknya rasa gugup itu sudah dilaluinya.

“Iya, ada rasa gugup. Apalagi pengujinya dikenal pakar di bidang yang diujikan,” ujar Asyraf merasa senang saat diwawancara terpisah oleh MCU.

Ujian skripsi yang berlangsung Jum’at-Sabtu itu disaksikan langsung oleh Bapak Pemimpin Umum Hidayatullah, KH. Abdurrahman Muhammad. Hadir sebagai penguji, Ustadz Zaim Azhar (Ketua STIS), Ustadz Lukman Hakim (Dosen PUZ), dan Ustadz Muhammad Dinul Haq (Direktur PUZ). Ujian skripsi dipimping oleh Ketua Lembaga Pendidikan Pengkaderan Hidayatullah Balikpapan, Masykur Suyuti.* (Asrijal/Media Center Ummulqura)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.