Pembelajaran Nyata Melalui Field Trip

Field trip santri MI RM Putri ke Kawasan Wahana Lingkungan Hidup Beruang Madu, di KM. 23 Kota Balikpapan pada Kamis (25/11/2021).* [Foto; Dok. MI RM Putri/MCU]

BALIKPAPAN– Madrasah Ibtidaiyah Raadhiyatan Mardhiyyah (MI RM) Putri menggelar field trip (kunjungan lapangan) sebagai salah satu program kegiatan  sekali tiap semester.

Pembelajaran lapangan ini diikuti oleh siswi MI RM Putri kelas 1-6 dan didampingi oleh wali kelas. Dilaksanakan pada tempat dan waktu terpisah tapi tetap pada jam sekolah.

Field trip kelas 5 dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat perikanan, peternakan, dan perkebunan di Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (22/11/2021).

Adapun siswi kelas 1, 4, dan 6 pada Kamis (11/11/2021) berkunjung ke Lamin Etam Ambors, satu detinasi wisata keluarga sekaligus wahana outbond dan edukasi di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian, kelas 2 dan 3 ke Kawasan Wahana Lingkungan Hidup Beruang Madu, di KM. 23 Kota Balikpapan pada Kamis (25/11/2021).

“Tujuan utama field trip adalah memberikan pengalaman belajar nyata kepada anak-anak. Field trip dirancang agar berkaitan dengan kurikulum atau kegiatan belajar anak di kelas. Sekolah biasanya sudah menetapkan tujuan field trip, baik lokasi maupun hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut,” keterangan MI RM Putri.

Anak-anak tampak penuh semangat dalam melaksanakan field trip tersebut, mengerjakan tugas yang diberikan selama berlangsung pembelajaran untuk evaluasi kegiatan.

Siswa juga diarahkan untuk membawa bekal masing-masing dan tidak lupa memakai masker.* (Aufa/MCU)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.