Innalillahi… Dai Hidayatullah Wafat di Pesawat dalam Tugas Pendidikan ke Turki

(Almarhum) Ustadz Laendra Rahmat Kartolo.* [Foto: Istimewa/MCU]

JAKARTAInnalillahi wainna ilaihi rajiun… Keluarga Besar Hidayatullah kembali berduka. Kali ini, salah seorang dainya, Ustadz Laendra Rahmat Kartolo, berpulang ke Rahmatullah. Ustadz Rahmat, demikian dikenal, wafat di atas pesawat dalam perjalanan tugas dari DPP Hidayatullah.

“Telah kembali ke Rahmatillah saudara kita: LAENDRA RAHMAT KARTOLO (usia 51 tahun, Ketua Departemen Organisasi DPW Hidayatullah Jawa Tengah, Pembina Yayasan An-Najah Rembang dan Pati) pada jam 3.00 dinihari waktu Abu Dhabi, Senin, 18/10/2021, di pesawat Etihad Airways dalam perjalanan dari bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju bandara Abu Dhabi.

Allahuyarham salah satu anggota rombongan Safari Pendidikan Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah DPP (Dewan Pengurus Pusat) Hidayatullah yang akan melakukan perjalanan selama 10 hari untuk mengunjungi lembaga-lembaga pendidikan dan tempat-tempat bersejarah di Turki,” demikian keterangan resmi dari Biro Hubungan Masyarakat DPP Hidayatullah di Jakarta pada Senin (18/10/2021).

Menurut keterangan seorang dokter yang juga penumpang pesawat, diduga sebab medis kematian adalah serangan jantung. Allahyarham dinyatakan wafat, setelah awak pesawat Etihad Airways dan penumpang yang juga dokter, berusaha memberikan bantuan medis setelah mendapatkan laporan bahwa Allahyarham pingsan.

Qaddarallaah wa maa syaa Fa’ala, beliau wafat sebelum pesawat mendarat. Menurut keterangan istri Allahyarham, Ustadzah Rita Sahara, beliau berangkat dalam keadaan sehat wal afiyat, dan melalui prosedur pemeriksaan kesehatan yang diperlukan, meskipun beberapa tahun sebelumnya pernah sekali mendapat serangan jantung. Sampai saat masuk ke pesawat juga dalam keadaan sehat dan ikut berfoto bersama,” jelas DPP.

Ketua Depdikdasmen DPP Hidayatullah Nanang Noer Patria menyatakan, “Istri Allahyarham yang ada dalam rombongan dan seorang pemimpin safari akan mendampingi jenazah yang pemulangannya diurus oleh Etihad Airways ke Jakarta. Sedangkan anggota rombongan lain melanjutkan tugas sampai selesai.”

Sekretaris Jenderal DPP Hidayatullah Ir. Candra Kurnianto, “Kita berduka cita mendalam atas peristiwa ini, pada saat yang sama kita menerima dengan ikhlas ketetapan Allah atas Allahyarham sebagai yang terbaik. Ambulans dan penerimaan jenazah sedang disiapkan di bandara Soekarno-Hatta. Semoga Allah mengampuni seluruh dosa beliau, menerima seluruh ibadah dan amal shalih beliau, dan Allah kumpulkan bersama para Nabi, Shiddiqin, Syuhada dan Shalihin.

Kepada Istri beliau Ustadzah Rita Sahara dan anak-anak serta seluruh keluarga beliau semoga Allah sempurnakan keikhlasan dan kesabarannya.

Kita semua akan melakukan yang terbaik untuk proses pengantaran, penyelenggaraan dan pemakaman jenazah di kampungnya di Sukabumi, in syaa Allah.”

Sementara itu, hari ini, Senin (18/10/2021), kabar duka juga datang dari Lampung. Adalah Ustadzah Hijratul Lu’lu binti Ustadz Darul Ihsan juga telah berpulang ke Rahmatullah. Almarhumah merupakan istri dari dai Hidayatullah di Lampung, Ustadz Faisal Al-Idrus. Ustadz Faisal merupakan Sekretaris DPW Hidayatullah Lampung periode 2016-2020.

“(Suami almarhumah Ustadz Faisal) dulu Ketua DPW Hidayatullah Kalsel, sebelumnya Sekretaris DPW Riau,” ujar Ustadz Thoifur Bustami, Ketua DPW Hidayatullah Lampung periode 2015-2020 kepada MCU.

“Innaalillahi wainnaa ilahi Raji’un telah meninggal dunia istri ust Faisal Al Idrus umi Hijrah. Mohon doa jama’ah semoga Allah ampuni segala dosanya dan dimasukkan ke dalam surganya aamiin yaa Rabbal alamiin🤲🏼🤲🏼🤲🏼,” ujar Ustadz Thoifur yang pernah lama bertugas di Hidayatullah UmmulQura.* (SKR/MCU)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.