Hakim Agung Dr Ibrahim Akan Sampaikan Kuliah Umum di Hidayatullah Ummulqura, Ini Profilnya

Dr Ibrahim saat memberikan ceramah umum sebagai Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Komisi Yudisial RI di Masjid Ar-Riyadh, Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan (24/11/2011).* [Foto: Dok. MCU]

GUNUNG TEMBAK– Salah seorang hakim di Mahkamah Agung, Dr. Ibrahim, SH., MH., LLM, diagendakan menyampaikan kuliah umum di Pondok Pesantren Hidayatullah Ummulqura, Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Insya Allah Dr Ibrahim akan berbicara di depan ribuan peserta, yang terdiri dari mahasiswa STIS Hidayatullah, para santri Sekolah Menengah Hidayatullah (SMH), santri penghafal al-Qur’an, guru dan dosen, Dewan Pengawas dan Pembina YPPH, para pengurus yayasan, serta warga Hidayatullah di Kampus Induk tersebut dan sekitarnya.

Sekretaris Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan, Ustadz Abdul A’la Maududi, menyampaikan, agenda kuliah umum oleh Hakim Agung Dr Ibrahim itu akan digelar pada pekan ini, Jumat (12/11/2021).

Para mahasiswa dan santri khususnya diimbau untuk menyerap dengan baik  penyampaian Dr Ibrahim tersebut.

“Dengan kompetensi dan pengalaman beliau, ini tentu ilmu mahal lagi bermanfaat bagi para santri dan mahasiswa,” ujar Ustadz Maududi, sapaannya, kepada Media Center Ummulqura (MCU) Hidayatullah di Gunung Tembak, Senin (08/11/2021).

Ketua LPPH Gunung Tembak Ustadz Masykur menambahkan, kuliah umum ini mengangkat tema “Peran dan Tantangan Hidayatullah dalam Merespon Perkembangan Hukum di Indonesia”.

Ketua STIS Hidayatullah Ustadz Zaim Azhar mengatakan, kuliah umum ini akan dimulai pada pukul 08.00 WITA hingga selesai beberapa waktu sebelum Jumatan.

Adapun tempat pelaksanaannya digelar di ruang utama Masjid Ar-Riyadh Hidayatullah Balikpapan. Pantauan MCU hingga saat ini panitia terus melakukan berbagai koordinasi dan persiapan dalam rangka mensukseskan acara tersebut.

Sebelumnya, Ketua YPPH Balikpapan Ustadz Hamzah Akbar mengatakan bahwa Dr Ibrahim pernah berkunjung ke Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak beberapa tahun lalu.

Dalam kunjungannya saat itu, Dr Ibrahim memberikan ceramah umum sebagai Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Komisi Yudisial RI (24/11/2011). Saat itu YPPH Balikpapan dipimpin oleh Ustadz Zainuddin Musaddad.

Profil Hakim Agung Dr Ibrahim

Dr Ibrahim merupakan satu dari 35 Hakim Agung di Mahkamah Agung Republik Indonesia. Berdasarkan penelusuran MCU, Ibrahim lahir di Bone pada 25 November 1962.

Dosen yang juga tercatat sebagai Ketua Bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar periode 1998 – 2002 ini memiliki kompetensi di bidang Perdata.

Mengenai riwayat pendidikannya, ia mengambil gelar S1 Hukum pada Universitas Hasanudin Makassar tahun 1986.

Kemudian, gelar S2-nya yaitu sebagai Sarjana Hukum Universitas Padjadjaran Bandung (1995) dan Sarjana Hukum Groningen The Netherlands (1998).

Lalu, gelar S3 Hukum diperolehnya dari Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 2006.

Ibrahim juga tercatat sebagai Dosen Luar Biasa Program Pasca Sarjana di Universitas Jenderal Soedirman (2005-2010), Anggota Komisi Banding Merek (2010-2015), pernah juga menjadi Ketua Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim pada Komisi Yudisial RI (Anggota Komisi Yudisial periode 2010-2015), dan lain-lain.* (SKR/MCU)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.