SAR Hidayatullah Raih Penghargaan Basarnas, DPP: Terus Maju untuk Agama, Bangsa, dan Negara

Ketua Umum SAR Hidayatullah Irwan Harun (tiga dari kanan) saat menerima penghargaan pada Rakernas Basarnas di Jakarta, Rabu (23/02/2022).* [Foto: Istimewa/SAR Hidayatullah]

Ummulqurahidayatullah.id– Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) memberikan penghargaan kepada SAR Hidayatullah. Sertifikat penghargaan itu diberikan langsung oleh Kepala Basarnas, Marsekal Madya (Marsda) TNI Henri Alfiandi kepada Ketua Umum SAR Hidayatullah Irwan Harun di Jakarta.

“Piagam Penghargaan Nomor: PP-473/POT.02.02/II/BSN-2022 diberikan kepada: SAR HIDAYATULLAH atas dukungan organisasi terhadap Penyelenggaraan Pencarian dan Pertolongan dengan Terlibat aktif dalam Operasi Pencarian dan Pertolongan, Melaksanakan Pelatihan Teknis Pencarian dan Pertolongan Mandiri dan terdaftar secara elektronik sebagai Potensi Pencarian dan Pertolongan,” petikan piagam tersebut dikutip hidayatullah.com pada Kamis (24/02/2022).

Pemberian penghargaan itu merupakan rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Basarnas di Ruang Serbaguna Lantai 15 Gedung Basarnas di Jakarta. Disaksikan oleh pejabat strutural Basarnas dan seluruh Kepala Kantor SAR (Kakansar) seluruh Indonesia yang hadir pada Rakernas Basarnas.

Kepala Basarnas mengapresiasi kiprah para potensi Basarnas termasuk SAR Hidayatullah. “Salah satu Potensi SAR yang selalu hadir dan ada di setiap operasi Basarnas,” ujar Irwan Harun mengutip apresiasi Basarnas.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah Dr Nashirul Haq mengapresiasi kiprah SAR Hidayatullah dan atas penghargaan dari Basarnas tersebut.

“Atas nama DPP Hidayatullah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada SAR Hidayatullah atas prestasinya mendapatkan penghargaan dari Basarnas,” ujar Nashirul saat menerima Pengurus Pusat SAR Hidayatullah di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta, Rabu, 22 Rajab 1443 (23/02/2022).

Pada kesempatan itu, Nashirul turut didampingi Kabid Dakwah dan Pelayanan Umat (Yanmat) DPP Hidayatullah Nursyamsa Hadis. Sementara dari SAR Hidayatullah hadir Ketua Umum SAR Hidayatullah Irwan Harun, Bendahara Usman Abdul Hamid, serta unsur Dewan Pembina Muhammad Musyafir dan Safaruddin Shahab.

Nashirul berharap, raihan penghargaan dari Basarnas tersebut semakin memotivasi, menguatkan, dan memantapkan kiprah SAR Hidayatullah dalam operasi bantuan dan pertolongan kepada masyarakat pra dan pasca bencana.

“Semoga kiprah SAR Hidayatullah semakin meningkat. Terus maju untuk agama, bangsa, negara (Indonesia), Insya Allah,” pesannya.

Irwan Harun menyampaikan rasa syukur kepada kepada Allah atas penganugerahan piagam dari Basarnas itu. Apresiasi Basarnas ini semakin mendorong SAR Hidayatullah untuk terus meluaskan bakti kerelawanan dalam pencarian dan pertolongan di setiap bencana yang dapat dijangkau.

Selain itu, Irwan menekankan, kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak akan semakin dikuatkan. Karena, terangnya, dengan kebersamaan dan kepemimpinan kolaboratif di bawah Basarnas akan semakin memantapkan operasi pencarian dan pertolongan/search and rescue (SAR) dalam musibah bencana.

Selain SAR Hidayatullah, ada tiga potensi SAR lainnya yang mendapatkan penghargaan itu. “Penyerahan penghargaan kepada Potensi SAR yaitu Baguna PDIP, Senkom Mitra Polri, SAR Hidayatullah, serta SAR Astra International Tbk,” tulis keterangan resmi Basarnas (23/02/2022).

Sedianya, piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada pembukaan Rapat Kerja Basarnas, Senin (21/02/2022). “Namun dikarenakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) maka diserahkan terbatas pada 23/02/2022 di kantor Basarnas oleh Kepala Basarnas,” tulis website resmi SAR Hidayatullah kemarin.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu (02/06/2021), SAR Hidayatullah mendapatkan surat keterangan sebagai Potensi Basarnas yang diserahkan secara langsung oleh Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Basarnas, Dr Abdul Haris Achadi (sekarang Sekretaris Utama) di Kampus Utama Pesantren Hidayatullah Depok.* (SKR/AIN)

Sumber: Hidayatullah.com

Baca juga:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.