Mahasiswi STIS Hidayatullah Antusias Ikuti Kelas PSM Jurnalistik MCU

Kelas PSM Jurnalistik STIS Hidayatullah Putri di Gunung Tembak, Sabtu (13/09/2022).* [Foto: SKR/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Setelah liburan semester genap, kembali diadakan pertemuan lanjutan kelas PSM  jurnalistik beberapa waktu lalu. Pelatihan rutin dua pekanan ini diadakan di kampus hijau STIS Hidayatullah Putri, Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Kota Balikpapan, Kaltim.

Pengajar kelas jurnalistik ini adalah Bang Abdus Syakur, Ketua Media Center @UmmulquraHidayatullah (MCU). Ini pertemuan pertama tahun ajaran 2022/2023.

Dalam pertemuan ini, pengajar bercerita tentang profil dirinya dikarenakan banyak mahasiswi yang baru bergabung pada PSM Jurnalistik. Bang Abdus Syakur adalah salah satu fotografer/jurnalis Hidayatullah.

Ia bercerita, dahulu sebelum menjadi jurnalis ia diamanahi sebagai Kepala Perpustakaan STIS Hidayatullah Putra dari tahun 2006-2010. Hingga kemudian, singkat cerita, ditugaskan bergabung dengan Majalah Suara Hidayatullah di Jakarta.

Apa motivasi terbesarnya menjadi jurnalis?

“Bagi saya jurnalistik adalah salah satu jalan yang ditempuh untuk turut membangun peradaban Islam,”  ujarnya pada Sabtu (13/09/2022) itu.

Pengajar pun meminta seluruh anggota PSM ini memperkenalkan diri dan menyampaikan apa motivasinya mengikuti kelas jurnalistik ini. Berbagai macam jawaban mereka, salah satunya adalah untuk dakwah bil qalam.

Di antara pesan dari pengajar kepada seluruh anggota PSM jurnalistik, bahwa bagaimanapun keadaan para mahasiswa dengan segala keterbatasaaan, agar tetap bisa berperan dalam membagun peradaban Islam lewat tulisan.

Bang Syakur menuturkan, ia terjun di bidang jurnalistik awalnya juga masih nol kemampuan. Tapi dari tekadnya yang kuat, hingga kini ia menjadikan dakwahnya dalam bidang literasi jurnalistik.

“Semoga tetap istiqamah untuk para peminat jurnalistik di sini dan selalu disiplin mengikuti setiap pertemuannya. Di sini kita lebih mengoptimalkan praktik daripada teori, karena teori banyak dipelajari sambil praktik,” kata Bang Syakur.

Pada pertemuan itu, disampaikan bahwa kelas jurnalistik itu digelar setiap Sabtu siang pekan pertama dan ketiga setiap bulannya. Para anggota PSM Jurnalistik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.* (Annisa Berka/Anggun Damayanti/STIS/MCU)

Baca juga: STIS Hidayatullah Putri Gelar Kelas Jurnalistik, Sinergi dengan MCU

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *