Ketua YPPH: Pengurus Harus Sukses Keluarga, Sukses Ilmu, Sukses Organisasi

Ketua YPPH Balikpapan Ustadz Hamzah Akbar di Pantai Ambalat, Kukar, Rabu (29/12/2021).* [Foto: SKR/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan, Ustadz Hamzah Akbar mengingatkan semua yang terlibat dalam urusan keumatan, agar tidak menjadikan rutinitas amanah itu sebagai biang masalah dalam kesehariannya.

Justru, menurut Ustadz Hamzah, kesibukan menjalankan amanah bisa menjadi pelecut untuk semakin berkembang dan meningkatkan kualitas dan kompetensi diri.

Oleh karena itu, pesan Ustadz Hamzah, setidaknya ada tiga sukses yang harus diaplikasikan sebagai seorang pengurus yayasan atau para aktifis dakwah. Yaitu, harus sukses dalam keluarga, sukses ilmu, dan sukses menjalankan roda organisasi sesuai dengan amanahnya masing-masing.

Sukses berkeluarga, lanjut Ustadz Hamzah, berarti setiap anggota keluarga bisa saling memahami dan mendukung kerja yang diamanahkan. Apakah dia sebagai suami, ayah, istri, ibu ataupun anak-anak mereka.

“Jadi tidak ada alasan karena mengurus orang lain, keluarga lalu terbengkalai. Karena amanah ini tidak bisa diwakilkan ke orang lain,” ucap ustadz yang sedang menjalankan periode kedua dari amanah di Kampus Induk (Ummulqura) tersebut.

Pesan itu disampaikan pada acara Family Gathering di Pantai Amborawang Laut, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (29/12/2021).

Disebut Ustadz Hamzah, bagi sebagian orang, keluarga seringkali menjadi titik rawan dan jadi alasan karena kesibukan aktivitas di luar rumah. “Padahal, bagaimanapun sukses keluarga adalah awal dari kesuksesan yang lain. Ini terintegrasi dengan semua sukses-sukses berikutnya,” lanjutnya.

Berikutnya adalah sukses ilmu. Artinya, setiap pengurus sejatinya mengerjakan amanah dengan bekal ilmu yang cukup. Tidak asal-asalan apalagi tanpa program kerja yang jelas. “Sukses ilmu berarti setiap waktu ada pengembangan diri, baik belajar secara formal atau lainnya,” jelas ustadz yang pernah diamanahi pengurus DPP Hidayatullah itu.

Apalagi, diketahui zaman sekarang adalah era teknologi informasi dan digitalisasi. Sehingga itu disebut Ustadz Hamzah sebagai mempermudah seseorang untuk upgrade diri. “Tidak ada alasan untuk tidak membaca dan peningkatan ilmu dan skill,” ucapnya bersemangat.

Sukses ketiga adalah sukses organisasi. “Ini adalah amanah umat, maka setiap amanah tidak ada yang ringan. Ia harus dikerja sungguh-sungguh secara profesional. Capaiannya terukur dan tuntas. Ada program kerja, tujuan, dan ada evaluasinya,” jelas Ustadz Hamzah.

Kegiatan rihlah dirangkai dengan pertandingan olahraga bola antar pengurus di Pantai Ambalat, Kukar, Rabu (29/12/2021).* [Foto: SKR/MCU]

Acara ini digelar dalam rangka menguatkan silaturahim dan memupuk ukhuwah. Diikuti Pengurus Harian dan Tim Sekretariat YPPH Balikpapan, bertajuk “Kebersamaan untuk Prestasi Terbaik”.

Hadir sejumlah pengurus dan keluarga, serta beberapa Pembina YPPH yang juga lengkap dengan istri dan anak-anak mereka. Acara berlangsung dari waktu pagi hingga jelang Ashar, waktu setempat.

Kegiatan Family Gathering berjalan lancar dan penuh keakraban. Usai ramah tamah di antara keluarga pengurus, sebagian mereka lalu menyempatkan bermain vola voli dan sepakbola di Pantai Ambalat. Pertandingan sepakbola juga berlangsung menarik. Terlihat dari ketatnya skor yang seri hingga akhirnya dituntaskan dengan adu pinalti. Skor 5-3 untuk Tim H. Rasyid Ridha. Selamat!* (Abu Jaulah/MCU)

Baca juga: Kisah Santri Ahlus Shuffah Selamatkan Penyu yang Kena Pancing di Ambalat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.