[Update] Binda Kaltim – Hidayatullah Gelar Vaksinasi Massal 2.000-an Santri se-Balikpapan di Gunung Tembak

Presiden Joko Widodo (di layar) memberikan sambutan lewat teleconference pada acara Vaksinasi Massal untuk Santri di berbagai Pondok Pesantren se-Indonesia, termasuk di Ponpes Hidayatullah UmmulQura, Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, 22 Muharram 1443H (31/08/2021). [Foto: Muh. Abdus Syakur/MCU]

GUNUNG TEMBAK– Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Timur (BINDA Kaltim) mengadakan Vaksinasi Massal untuk Santri se-Kota Balikpapan di Pondok Pesantren Hidayatullah UmmulQura Gunung Tembak. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan pada Selasa, 22 Muharram 1443H (31/08/2021).

Hadir langsung secara virtual Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberi sambutan dalam acara yang merupakan rangkaian Vaksinasi Massal untuk Santri di berbagai Pondok Pesantren se-Indonesia.

Di Gunung Tembak, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan Ustadz Hamzah Akbar beserta jajarannya turut hadir pada acara tersebut.

Vaksinasi Covid-19 ini juga diikuti oleh jamaah pesantren, mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, beserta para santri pesantren Hidayatullah Balikpapan serta ponpes-ponpes lainnya.

Vaksinasi yang diadakan serentak untuk pesantren se-Indonesia itu mengusung tema “Indonesia Hebat Indonesia Sehat”.

Beberapa santri sekolah Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Balikpapan mengungkapkan tidak merasakan sakit ketika disuntik saat vaksinasi.

“Sebelum disuntik vaksin ada rasa agak takut, tapi setelah disuntik rasanya itu tidak sakit, seperti digigit semut,” terang Muhammad Dava, salah seorang santri, kepada Media Center UmmulQura (MCU) Hidayatullah di Gunung Tembak.

Selain itu, beberapa dari peserta juga mengungkapkan bahwa sebelum mulai divaksin sempat merasakan gugup dan takut, namun setelah divaksin, ternyata sudah tidak gugup dan takut lagi.

Baca: Ini Penjelasan Ketua Umum DPP Hidayatullah Soal Vaksin secara Syar’i dan Medis

Vaksinasi yang dilakukan di Pesantren Hidayatullah UmmulQura itu juga diikuti oleh ribuan santri dari beberapa pesantren yang ada di Kota Balikpapan.

Selain santri, tampak juga beberapa pengurus Pesantren Hidayatullah mengikuti vaksinasi itu, antara lain Ustadz M Hasyim HS yang merupakan salah seorang sesepuh Pesantren Hidayatullah Balikpapan (Ketua Dewan Pembina). Tampak pula disuntik vaksin yaitu Sekretaris YPPH Balikpapan Ustadz Abul A’la Maududi, Bendahara Ustadz Sujaib Sa’ud, serta jajaran pengurus lainnya. Adapun Ketua YPPH Ustadz Hamzah sudah divaksin Covid-19 beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini, Binda Kaltim menyiapkan sebanyak 2.500 dosis vaksin jenis Sinovac. Ribuan santri pun menjalani vaksinasi sejak pagi hingga sore dengan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir di Gunung Tembak Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan Habib Mahdar Abu Bakar Al-Qadri yang baru-baru ini terpilih untuk periode 2021-2026.

Sebagai pembaruan informasi per tanggal 23 Muharram 1443H (01/09/2021), berdasarkan informasi dari panitia yang diperoleh MCU, jumlah dosis vaksin Covid-19 yang disuntikkan pada acara Selasa (31/08/2021) di Gunung Tembak itu sebanyak 2.039 dosis. Dengan rincian untuk kalangan putra sebanyak 1.117 dosis dan untuk kalangan putri 922 dosis. Total dosis yang disuntikkan itu untuk santri Hidayatullah maupun santri dari ponpes-ponpes lainnya.* (Asrijal/MCU/STIS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.