Mahasiswa dan Dosen STIS Hidayatullah Ikuti Bimtek Basarnas Balikpapan

Bimtek Basarnas Balikpapan (13-15/10/2021).* [Foto: Fajrin Basri/MCU]

BALIKPAPAN– Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek)  Pembinaan Potensi Dasar di Bidang Teknik Pertolongan di ketinggian kepada 25 peserta Potensi Pencarian dan Pertolongan (13-15/10/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan Pencarian dan Pertolongan kepada Potensi SAR dalam melaksanakan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

Kegiatan ini merupakan program Direktorat Bina Potensi Basarnas dan menggunakan biaya dari Dipa Basarnas Tahun 2021.

Adapun sasaran yang ingin dicapai yaitu peserta mengetahui tentang substansi Basarnas, peserta mampu melakukan tindakan sebagai penolong pertama pada kasus gawat darurat tingkat dasar di ketinggian, peserta memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan pedoman pertolongan pertama, peserta memiliki pengetahuan tentang peralatan pertolongan pertama, serta peserta memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang penanganan pertama pada korban kecelakaan.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Muda (Marsda) TNI Henri Alfiandi, mengatakan, “Superhero itu adanya dalam film, anda di sini sebagai tim jadi yang ada adalah super team. Dibutuhkan tim yang solid, siap, sigap dan tanggap kaitannya dengan perubahan cuaca yang berpotensi terjadi bencana”.

“Untuk itu, sesuai dengan Undang – Undang Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan serta Peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2017 Tentang pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan melalui Direktorat Bina Potensi memiliki tugas dan tanggung jawab melaksanakan pembinaan melalui penyelenggaraan Bimbingan Teknis Khusus Bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan baik setiap orang, instansi maupun organisasi yang memiliki potensi pencarian dan pertolongan,” terangnya.

Turut hadir pula Dr. H. Irwan, Sip., Mp selaku komisi V DPR RI Dapil Kalimantan Timur dan Melkianus Kotta, S.Sos selaku kepala kantor pencarian dan pertolongan kelas A Balikpapan.

Pada kegiatan ini, STIS Hidayatullah Balikpapan turut hadir khususnya diwakili dua dosen dan mahasiswa dari prodi Hukum Keluarga.

Acara ini bertema “Melalui Pembinaan Dasar di Bidang Pertolongan di ketinggian Kita Tingkatkan Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan Untuk Mendukung Operasi Pencarian dan Pertolongan di Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan  Balikpapan”.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 13 hingga 15 Oktober 2021. Beberapa kegiatan selama acara di antaranya, substansi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, safety bekerja di ketinggian, pengenalan peralatan, simpul, anchor dan belay, ascanding dan descending, lowering dan lifting, serta tes dan evaluasi.* (Fajrin Basri/MCU/STIS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.