Ekotif Hidayatullah UmmulQura Gelar Pelatihan Properti

Property Camp Hidayatullah UmmulQura. [Foto: Asrijal/MCU]

GUNUNG TEMBAKРEkonomi Produktif (Ekotif) Hidayatullah UmmulQura, Gunung Tembak, Balikpapan, menggelar pelatihan terkait bisnis properti. Kegiatan ini diisi oleh Ustadz Rusdiyanto yang menjabat sebagai Owner dan Founder BikinRumah.co dan Ustadz Ahmad Hamim sebagai Owner dan Founder PT  Baituna Property. Keduanya itu perusahaan yang bergerak di bidang property.

Kegiatan Property Camp: Road To Be Developer  ini dilaksanakan di Gedung WKP Hidayatullah UmmulQura, diikuti oleh Ketua Yayasan Hidayatullah Balikpapan Ustadz Hamzah Akbar dan perwakilan bidang, departemen, serta unit-unit yang ada di Hidayatullah Ummul Qura,

Pelatihan ini insya Allah berlangsung selama 4 hari, mulai Kamis hingga Ahad pekan ini (26-29/08/2021).

Ustadz Jamaluddin Afghan sebagai Direktur Ekotif mengharapkan agar setelah acara pelatihan ini, terbentuk tim developer dan pesantren mampu semakin memanfaatkan lahan-lahan yang kosong.

“Harapan selesai ini, agar terbentuknya tim developer dan bisa memanfaatkan lahan yang ada di Hidayatullah UmmulQura dan sekitarnya dan mengausisi lahan, (membuat) bisnis plan, dan action plan,” ungkap Ustadz Jamaluddin saat diwawancara Media Center UmmulQura (MCU) Hidayatullah, Kamis, 17 Muharram 1443H (26/08/2021).

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa pentingnya pesantren melirik properti supaya banyaknya lahan kosong mampu digarap dan digali potensi-potensinya.

Ia menambahkan, inti dari diadakannya property camp ini agar pesantren tidak hanya melihat peluang bisnis saja. Namun lebih dalam daripada itu adalah sebagai lahan dakwah, antara lain misalnya di lahan-lahan itu akan didirikan Rumah Qur’an dan sebagai penguatan spritual.

Sementara itu, Ustadz Rusdiyanto sebagai narasumber acara ini menyampaikan pentingnya memperhatikan ihwal properti.

“Jika seorang anak kita kuliah atau belajar di satu daerah, saya sarankan untuk belikan saja rumah karena jika sudah selesai belajar rumah yang telah dibeli bisa dijadikan apa aja, dijual atau dikontrakan dan kita akan mendapat keuntungan,” ucapnya, Kamis.

Bisnis properti saat ini menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan, karena apabila seseorang misalnya memiliki sebidang tanah, lama kelamaan nilainya akan selalu bertambah.

“Keuntungan melakukan bisnis ini (properti) adalah nilai tanah tidak pernah turun,” ujar Ustadz Rusdiyanto.

Rusdiyanto menjelaskan bahwa keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan seorang developer tidak hanya dilihat dari nilai tanah yang senantiasa naik. Sebab banyak dari orang  pebisnis properti yang malah berujung tidak menguntungkan.

Selain itu, Rusdiyanto melalui slide-slide yang ditampilkan di hadapan para peserta, menampilkan bagaimana tahap-tahap dan cara-cara dalam menjalankan bisnis properti.

Ia juga memaparkan, apabila seorang developer tidak memiliki pemahaman mengenai properti, maka akan banyak dirugikan, mulai dari diri sendiri bahkan konsumen. Sebagaimana beberapa contoh berita terkait kerugian di bidang properti yang ditampilkan narasumber.* Asrijal/Media Center UmmulQura/STISHid

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *