Sukseskan Ramadhan, Hidayatullah Balikpapan Usung “Talaqqi Al-Qur’an, Bangun Peradaban”

Rapat Panitia Ramadhan 1443H bersama Pengurus dan Pengawas-Pembina YPPH Hidayatullah Balikpapan di kantor yayasan, Gunung Tembak, Balikpapan (05/03/2022). Tampak di layar tampilan logo Ramadhan 1443 Hidayatullah Gunung Tembak.* [Foto: SKR/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Bulan Ramadhan selalu istimewa bagi seluruh umat Islam sedunia. Ia ditunggu dan dirindukan sejak dulu. Jauh-jauh hari, berbagai persiapan telah dilakukan. Tak kecuali jamaah Masjid Ar-Riyadh yang berada di ujung timur kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jauh hari jamaah yang juga warga Pondok Pesantren Hidayatullah tersebut membentuk kepanitiaan khusus untuk sukses di bulan Ramadhan. Kepanitiaan itu dibentuk jauh-jauh hari sebelum Ramadhan.

“Alhamdulillah, susunan Panitia Ramadhan 1443 H terbentuk sejak awal Rajab lalu. Harapannya, sejak awal panitia bisa menyambut Ramadhan dengan persiapan  terbaik,” ucap Ustadz Muhammad Dinul Haq, sebagai Ketua Panita Ramadhan, beberapa waktu lalu di Gunung Tembak, awal 2022.

Untuk itu, panitia lalu mensosialisasikan sejumlah program Ramadhan dengan mengusung tema Ramadhan kali ini, yakni “Talaqqi Al-Qur’an, Bangun Peradaban”.

Menurut Dinul Haq, tema tersebut akan didukung dengan sejumlah program strategis dengan tiga program utama yang dikenal dengan “Tiga Sukses Ramadhan”. “Mulai dari Sukses Ibadah, Sukses Tarbiyah, dan Sukses Pelayanan Umat,” ucapnya.

Untuk sukses ibadah, seluruh jamaah Masjid Ar-Riyadh diimbau untuk mengkhatamkan menyimak dua juz al-Qur’an selama bulan Ramadhan. Caranya dengan mengikuti shalat tarawih dan shalat tahajjud setiap malam, sementara imam akan membaca satu juz satu malam di shalat tarawih dan tahajjud tersebut.

Selanjutnya, jamaah Masjid Ar-Riyadh juga diimbau mengoptimalkan Ramadhan dengan memperbanyak tilawah, tahsin, dan tadabbur al-Qur’an.

“Panitia cukup memonitoring dengan menyediakan lembar monitor ibadah dan tilawah,” jelas ustad lulusan Universitas Islam Madinah tersebut. “Tinggal diisi saja sebagai kontrol pribadi,” sambungnya lagi.

Selain itu, lanjut Dinul, panitia Ramadhan akan memanjakan jamaah yang tetap haus ilmu dengan sejumlah kajian intensif tematik dan ceramah refleksi setiap waktu.

Terakhir, untuk giat pelayanan umat, Panitia Ramadhan berencana menyiapkan sepuluh ribu lembar blanko Zakat Infak Sedekah (ZIS) serta puluhan tenda gerai yang menyebar di sejumlah titik di Balikpapan.

“Selain pembayaran zakat infak sedekah, masyarakat juga akan dilayani untuk belajar membaca al-Qur’an lebih dahulu di tenda tersebut,” tutup Ustadz Dinul yang juga pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan tersebut.* (Abu Jaulah/MCU)

Baca juga: Jelang Ramadhan, Pemimpin Umum Hidayatullah: Jaga Ibadah, Jaga Ukhuwah, Jaga Keamanan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.