Sudah Tahu Kah? Balikpapan Dinobatkan sebagai Kota Ramah Lingkungan di Asia Tenggara

Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud meraih Penghargaan kota ramah lingkungan pada ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) award ke-19 2021 dalam gelaran The 5th ASEAN ESC Award.* [Foto: IG @rrahmadmasud]

BALIKPAPAN– Mungkin kabar ini belum banyak diketahui khususnya oleh para santri. Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, kembali meraih prestasi. Belum lama ini, Kota Beriman tersebut didaulat sebagai kota ramah lingkungan.

Tidak tanggung-tanggung, prestasi itu bukan tingkat nasional, tapi skala internasional.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengatakan bahwa prestasi itu diraih pada tingkat Asia Tenggara. Balikpapan sebagai duta Indonesia.

Wali Kota pun menyampaikan apresiasinya kepada segenap warganya atas prestasi tersebut.

“Terima kasih warga kota, Balikpapan sebagai perwakilan Indonesia dinobatkan sebagai kota ramah lingkungan di Asia Tenggara,” tulis Wali Kota lewat akun Instagramnya pantauan Media Center Ummulqura.

Wali Kota mengatakan, penghargaan itu diserahkan dalam agenda ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) award ke-19 tahun 2021 pada gelaran The 5th ASEAN ESC Award.

Wali Kota pun berharap agar prestasi yang diraih Kota Minyak itu dapat terus memotivasi warga Balikpapan.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi kita bersama untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat,” tulis Wali Kota di akunnya @rrahmadmasud (22/10/2021).

“Alhamdulillah pak. Semangat terus pak bekerja untuk balikpapan🔥🔥,” komentar salah satu netizen.

Bontang dan Surabaya

Selain Balikpapapan, ada 2 kota lain di Indonesia yang dinobatkan sebagai sebagai kota ramah lingkungan dan bersih di Asia Tenggara. Yaitu Kota Surabaya dan Kota Bontang.

The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) memberikan penghargaan kepada beberapa kota di Asia Tenggara yang telah melakukan upaya pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Penghargaan “the 5th ASEAN ESC Award and the 4th Certificate of Recognition” merupakan salah satu program kerja sama ASEAN di bawah koordinasi ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable Cities (AWGESC).

Tujuannya untuk mendorong semakin bertumbuhnya kota-kota berkelanjutan di ASEAN dengan memberikan pengakuan dan apresiasi kepada kota-kota yang telah melakukan berbagai inisiatif dan upaya.

“Saya sangat berharap, bahwa ini akan memotivasi kita untuk meningkatkan kinerja lingkungan kita dan menginspirasi orang lain untuk berbagi praktik terbaik di seluruh dunia,” ujar Menteri LHK RI, Siti Nurbaya, di acara penghargaan yang dilaksanakan secara hybrid dengan Indonesia menjadi tuan rumah, Kamis (21/10/2021) dikutip Tribunnews (22/10/2021).

Kota Balikpapan dianugerahi Environmentally Sustainable Cities (ESC Award). Sedangkan Kota Surabaya penghargaan berupa Certificate of Recognition kategori clean Water (air bersih). Adapun Kota Bontang mendapat penghargaan di kategori Certificate of Recognition untuk Kota Kecil Kategori Clean Air (udara bersih).* (SKR/Media Center Ummulqura)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.