Praktik Kuliah Dakwah, Mahasiswi STIS Hidayatullah Dipesankan Beri Pelayanan Terbaik

Pembekalan dan Penugasan Praktik Kuliah Dakwah (PKD) mahasiswi STIS Hidayatullah di Aula STIS Putri, Gunung Tembak, Balikpapan, 15-17 Sya’ban 1443 H (18-20/03/2022).* [Istimewa/STIS/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id–  STIS Hidayatullah kembali mengadakan Praktik Kuliah Dakwah (PKD) untuk mahasiswi STIS Hidayatullah semester enam Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Prodi Hukum Keluarga.

Sebelum berangkat ke tempat PKD, seluruh mahasiswi semester 6 diberikan pembekalan oleh beberapa dosen di Aula STIS Putri, Gunung Tembak, Balikpapan, pada tanggal 15-17 Sya’ban 1443 H (18-20/03/2022).

Kegiatan pembekalan itu dimulai pada Jum’at pagi, yang dibuka langsung oleh Ketua STIS Hidayatullah Balikpapan Ustadz Muhammad Zaim Azhar.

Pada sambutannya, Ustadz Zaim berpesan kepada mahasiswi agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di tempat PKD.

“Berikan pelayanan terbaik, pelayanan yang luar biasa di tempat tugas kalian nanti. Semoga tugas PKD kalian sukses, dan dapat kembali ke tempat ini (STIS) untuk menyelesaikan skripsi,” ujarnya berpesan.

Ustadzah Ummi Salami selaku Wakil Ketua 4 juga memberikan nasihat pentingnya pembekalan bagi para mahasiswa tersebut.

“(Ini) merupakan salah satu bekal untuk kalian di tempat tugas dakwah nanti, dan tentu hal itu tidak cukup, tetapi sangat membantu kalian dalam menghadapi problem-problem di tempat tugas. Ketika teman-teman mendapatkan masalah, jangan putus asa! Itulah seharusnya yang kalian hadapi,” ucapnya.

Tidak ketinggalan, pada acara , Ustadzah Irma juga memberikan semangat dan nasihat kepada seluruh mahasiswi.

“Hargai dari setiap tim dari kalian, sesungguhnya mereka punya sumbangsih, peran sesuai dengan kapasitas masing-masing,” ujar Ustadzah Irma.

Meski PKD adalah program rutin STIS Hidayatullah setiap tahun, namun Ustadz Masykur selaku Ketua LPPH Gunung Tembak mengingatkan bahwa itu adalah proses belajar.

“PKD adalah proses belajar dan semua hal itu adalah dalam bingkai dakwah,” ujarnya.

Sebagai catatan, Pembakalan PKD yang dilaksanakan selama tiga hari ini memiliki 12 sesi,  dengan masing-masing tema yang disampaikan oleh ustadz/ustadzah yang ahli di bidang masing-masing.

Adapun para instrukturnya adalah Ustadz Hidayat Jaya Miharja yang menyampaikan tema tema “Komunikasi Efektif”, Ustadz Fathun Qarib dengan tema “Karakteristik Dai’yah  Tangguh”, Ustadz Masykur dengan temaPenajaman Spirit PKD”, Ustadz Abul A’la Maududi dengan tema “Manajerial Team”, Ustadz Zaim dengan tema “Esensi Amanah Bagi Seorang Kader”.

Juga, Ustadzah Fathila dengan tema“Mengatasi Futur dalam Tugas”, Ustadzah Irma dengan tema“Manajemen Kepengasuhan”,Ustadzah Ummi Salami dengan tema “Konsep Berimamah dalam Berlembaga”, Ustadzah Rifdah dengan tema“Meneladani Metode Dakwah Nabi”, Ustadzah Maryam dengan tema “Pengajaran Metode Al- Hidayah”, dan Ustadzah Yuni dengan “Materi Panduan Hidayatullah”.* (Ris-Nha/MCU)

Baca juga: Santri SMH dan Mahasiswa STIS “Keroyok” Pengecoran Bangunan Asrama

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.