Mohon Doa Jamaah untuk Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasan Ibrahim, Begini Kondisi Kesehatannya

Ustadz Hasan Ibrahim, Pendiri Hidayatullah yang juga Ketua Majelis Penasihat Hidayatullah, saat menghadiri Silatnas Hidayatullah di Kampus Induk Hidayatullah Ummulqura, Gunung Tembak, Balikpapan (25/11/2018).* [Foto: Muh. Abdus Syakur/MCU/hidayatullah.com]

Ummulqurahidayatullah.id– Salah seorang Pendiri Hidayatullah, Ustadz Hasan Ibrahim, saat ini sedang diuji kesehatannya. Sudah sekitar dua bulan ini, kondisi fisik Ketua Majelis Penasihat Hidayatullah itu semakin menurun. Sudah beberapa tahun ini, kondisinya memang tidak seprima dulu.

Baru-baru ini, Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad bersama Ketua Umum DPP Hidayatullah Ustadz Nashirul Haq dan Ketua Dewan Pertimbangan Hidayatullah Ustadz Hamim Thohari menjenguk Ustadz Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, ketiga tokoh Hidayatullah itu mendoakan Ustadz Hasan. Dalam foto yang dikirimkan salah seorang putra Ustadz Hasan, Bang Saifullah, tampak Ustadz Hasan juga turut mengangkat kedua tangannya saat berdoa sembari tetap berbaring.

Saat dikunjungi itu, raut wajah Ustadz Hasan memperlihatkan kegembiraannya.

“Belum ada perkembangan (kesehatan beliau), tetapi begitu dijenguk (ketiga ustadz Hidayatullah tadi) beliau wajahnya senang banget,” ujar Saiful yang berdomisili di Depok, Jawa Barat, kepada Media Center Ummulqura (MCU) Hidayatullah, Kamis (23/12/2021) melalui pesan WA.

“Mungkin rindu yang sudah lama ingin berjumpa tapi ketika bertemu beliau sudah sama-sama tidak bugar lagi,” tambahnya.

Jamaah Hidayatullah di seluruh dunia diminta untuk mendoakan Ustadz Hasan agar lekas diberi kesembuhan dan kesehatannya pulih sediakala.

Sebelumnya, DPP Hidayatullah melalui Wakil Sekretaris Jenderal I, Ustadz Abdul Ghaffar Hadi, juga menyampaikan kondisi kesehatan Ustadz Hasan.

“Bismillahirrahmanirrahim. Mohon doa terbaik dari kita semua, salah satu pendiri Hidayatullah, Ustadz Hasan Ibrahim diuji dengan sakit.

Informasi dari istrinya bahwa beberapa hari terakhir ini, beliau sudah tidak mau makan dan sulit komunikasi.😭

Semoga Allah memberikan kesehatan dan kesembuhan kepada Ustadz Hasan Ibrahim. Aamin ya Rabbal Alamin,” ujar Ustadz Ghofar kepada MCU lewat pesan WA-nya, Rabu (22/12/2021).

Ustadz Hasan Ibrahim lahir di Pekalongan, 20 Januari 1950. Di usianya yang telah mencapai 71 tahun, ia tak lagi sekuat dahulu. Tongkat menemani langkahnya semenjak sakit yang mendera tubuhnya. Tak hanya berjalan, ayah delapan anak ini pun agak kesulitan untuk merangkai kata dan perlu waktu untuk menata ingatan akan masa lalu.

Meski demikian, Ustadz Hasan tak pernah kendor semangat dalam membersamai perjalanan dakwah Hidayatullah.

Ia ikut bersama Ustadz Abdullah Said berjuang mengembangkan dakwah di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ustadz Hasan tak sendiri kala itu 50-an tahun lalu, ia berangkat bersama 4 pemuda lainnya yang mempunyai semangat yang sama. Yaitu Ustadz Usman Palese, Ustadz Muhammad Hasyim, Ustadz Nazir Hasan, dan Ustadz Kisman Amin.

Kini tak terasa sudah setengah abad, Ustadz Hasan berada dalam wadah perjuangan Islam yang dirintis oleh Allahuyarham Ustadz Abdullah Said.

“Yang paling berkesan dalam hidup saya ketika ia (Allahuyarham) memotivasi saat pertama kali menginjakkan kaki di Gunung Tembak bersama kawan-kawan. Ketika itu daerah tersebut masih berupa hutan belukar,” tuturnya dikutip Majalah Suara Hidayatullah edisi September 2021.

Kala itu, Ustadz Abdullah Said, tutur Ustadz Hasan, seringkali mengatakan, “Tempat ini jangan dilihat sekarang yang masih hutan belukar dan penuh tunggul kayu ulin yang sepertinya tidak ada tanda-tanda kehidupan. Tapi yakinlah beberapa tahun yang akan datang tempat ini akan berubah menjadi tempat yang menarik dan ramai dikunjungi orang. Dari sinilah kita akan bertolak untuk merambah ke seluruh Kaltim. Dan, Anda-Andalah yang akan menggurat sejarah yang patut dicatat dengan tinta emas.”

Alhamdulillah, kata Ustadz Hasan, kini satu demi satu apa yang pernah dibahasakan Allahuyarham itu terwujud.* (Muh. Abdus Syakur/MCU)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.