Menparekraf Sandiaga Sampaikan Pesan FAST dan 3G untuk Santri Hidayatullah, Apa Itu?

SORONG– Dalam kunjungan dinasnya ke Provinsi Papua Barat, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Sorong beralamat di Jalan Supriyadi, Satuan Permukiman(SP) III Makbusun, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu, 20 Rabiul Awal 1443 (27/10/2021).

Sandiaga diterima langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Sorong Ustadz Anang Ma’ruf. Hadir pula dalam acara silaturrahim ini pengurus DPW Hidayatullah Papua Barat, Ketua DPD Hidayatullah Kota Sorong Ust. Suwadi, ketua Pemuda Hidayatullah Abdul Hanan, Ketua SAR Hidayatullah Ihwan Arifin, Ketua Mushida Ustz. Lilis Marhamah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kabupaten Sorong.

Dalam sambutannya Menteri Sandiaga mengawali dengan menyapa para hadirin yang terdiri dari santriwati, pengurus, guru ponpes, serta para tamu undangan. Ia melanjutkan dengan mengajak hadirin untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

Di hadapan ratusan santri Pondok Pesantren Hidayatullah Sorong, Sandiaga yang karib disapa Mas Menteri ini menyapa santri dan memberikan motivasi. Ia menyampaikan santri adalah generasi harapan agama dan bangsa.

Ia menambahkan motivasinya kepada para santriwati agar selalu meneladani sifat Rasulullah Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam yang memiliki karakter mulia dalam dirinya. Yakni, cerdas dan bijaksana (Fathonah), terpercaya (Amanah), benar dan jujur (Shiddiq), dan penyampai wahyu Allah untuk kebaikan manusia (Tabligh). Sandiaga kemudian memberi singkatan dari keempat nilai utama tersebut dengan FAST yang dalam bahasa Inggris bermakna cepat.

Sandiaga lantas menerangkan, cepat yang dimaksud dirinya tersebut diistilahkan dengan 3G. Jurus 3G ini, kata dia, adalah kunci sukses untuk menjadi enterpreneur. Adapun 3G tersebut yaitu “Gercep” (Gerak Cepat), “Gerber” (Gerak Bersama), dan “G” ketiga adalah “Gaspool”.

“Rumus 3G bila dipraktikkan oleh generasi muda bangsa ini, Insya Allah, generasi muda bangsa ini ke depan akan sukses karena inilah rumus Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam sukses dalam menyebarkan Islam ke penjuru dunia,” imbuhnya.

Sandiaga menutup sambutannya dengan berterima kasih kepada pihak Pondok Pesantren Hidayatullah Sorong telah menerimanya dan para santriwati yang secara tidak langsung telah memberikan semangat dan menghilangkan rasa capek di tengah jadwal yang padat.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Sorong Ustadz Anang Ma’ruf dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Sandiaga. Menurut Anang, kunjungan Menteri Sandiaga merupakan kunjungan pertama dari menteri ke Ponpes Hidayatullah Sorong sejak awal berdiri tahun 1991.

Ahlan wasahlan kepada Menteri Sandiaga Uno bisa menjumpai kami dan santriwati di Pondok ini, sebab ini adalah pertama kalinya kami dikunjungi oleh Menteri sejak pesantren ini berdiri tahun 1991,” imbuhnya.

Anang melanjutkan, Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Sorong merupakan pondok pesantren khusus santri putri dan ini merupakan ponpes khusus putri pertama di Papua Barat.

Acara kemudian ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Ust Kamaruddin, Lc, Pengasuh Ponpes Hidayatullah Kabupaten Sorong.*/Miftahuddin

Sumber: Hidayatullah.or.id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.