Ustadz Hasyim & Pengurus YPPH Balikpapan Berziarah ke Makam H Hasan Ibrahim

Ketua Dewan Pembina YPPH Ummulqura Balikpapan, Ustadz Muhammad Hasyim bersama pengurus inti YPPH Ummulqura Balikpapan berziarah ke makam Pendiri Hidayatullah (Almarhum) Ustadz H Ahmad Hasan Ibrahim di Kampus Utama Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, Senin (14/02/2022).* [Foto: Almaududi/Istimewa/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Ketua Dewan Pembina Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Ummulqura Balikpapan, Ustadz Muhammad Hasyim atau dikenal juga Ustadz Hasyim HS, berziarah ke makam Pendiri Hidayatullah (Almarhum) Ustadz H Ahmad Hasan Ibrahim.

Ustadz Hasyim berangkat dari Balikpapan ke Jakarta bersama Pengurus Inti YPPH Ummulqura yaitu Ketua (Ustadz Hamzah Akbar), Sekretaris (Ustadz Abul A’la Maududi), dan Bendahara (Ustadz Sujaib Saud).

Mereka berangkat pada Senin (14/02/2022) pagi dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, kurang dari 24 jam setelah Ustadz Hasan wafat pada Ahad (13/02/2022) sore di Jakarta.

Almarhum Ustadz Hasan dimakamkan di kompleks Kampus Utama Pesantren Hidayatullah Depok di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Makamnya berdampingan dengan makam Ustadz Dr Abdul Mannan (yang wafat tahun lalu saat menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum).

Rombongan dari Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak itu berziarah ke makam Ustaz Hasan Ibrahim dan makam Dr Abdul Mannan sekaligus, mendoakan kedua tokoh sepuh Hidayatullah tersebut.

Baca juga: Ustadz Hasan Ibrahim Dimakamkan di Samping Makam Dr Abdul Mannan, Pesantren Hidayatullah Depok

Selain itu, rombongan juga bertakziyah ke kediaman keluarga besar Ustadz Hasan di Tebet, Jakarta Selatan. Pada Senin (14/02/2022) malam, Ustadz Hasyim menyampaikan takziyah di rumah yang selama ini ditempati Ustadz Hasan bersama istrinya, Hj Elly Yannor.

Ustadz yang juga salah seorang Pendiri Hidayatullah ini pada acara itu menyampaikan nasihat kepada para hadirin agar meneladani sosok almarhum Ustadz Hasan.

“Saya berharap generasi muda (Hidayatullah) nantinya akan punya kapasitas perjuangan yang melebihi dari pada pendahulu-pendahulunya,” pesannya didampingi Fadlur Rahman, salah seorang putra Ustadz Hasan.

Dengan karya tugas yang diakuinya jauh lebih berat pada masa kini dan mendatang, Ustadz Hasyim mengaku sangat optimis Hidayatullah ke depan akan lebih maju daripada sebelumnya. “Aammiiin,” sambut hadirin.

Rombongan Hidayatullah Ummulqura itu juga bersilaturahim ke Pondok Qur’an Hidayaturrahman di Ciawi, Kabupaten Bogor, disambut oleh para pengurus serta ustadz-ustadz Hidayatullah di Jabodetabek.

Tak lupa, Ustadz Hasyim dkk juga menyambangi Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah di kompleks DPP Hidayatullah, Jl Cipinang Cempedak 1/14, Polonia, Jakarta Timur.

Bakda silaturahim singkat di Jakarta, Depok, dan sekitarnya dengan protokol kesehatan itu, rombongan Ustadz Hasyim dan pengurus inti YPPH sekembalinya ke Balikpapan menjalani karantina mandiri di tempat masing-masing.

Selain mereka, pengurus yayasan yang turut pergi bertakziyah ke Depok-Jakarta di antaranya Ustadz Fathun Qarib, Ustadz H Aunu Rofieq Fadhelan, dan Ustadz H Rasyid Ridho. Begitu pula para pengurus Hidayatullah dari berbagai daerah se-Indonesia hadir bertakziyah langsung ke tempat duka.

Sebelumnya, kabar duka menyelimuti keluarga besar Hidayatullah. Salah seorang Pendiri Hidayatullah, Ustadz Ahmad Hasan Ibrahim, wafat pada Ahad (13/02/2022) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (Jakarta).

Sebelum wafat, Ketua Majelis Penasihat Hidayatullah ini sempat mengalami kritis, setelah kondisi kesehatannya terus menurun dalam beberapa waktu belakangan. * (SKR/MCU)

Baca juga: Duka Hidayatullah, Belasungkawa PP Muhammadiyah: Umat Kehilangan Ustadz Hasan Ibrahim

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.