1 Ramadhan, Kenapa Hidayatullah Ikut Pemerintah-MUI? Ini Penegasan Pemimpin Umum

Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad di Masjid Ar-Riyadh, Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kaltim,* [Foto: SKR/MCU]

Ummulqurahidayatullah.id– Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022. Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1443H di Kementerian Agama, Jakarta.

Dengan demikian, secara otomatis Hidayatullah juga memulai awal Ramadhan 1443H pada Ahad (03/04/2022). Kenapa Hidayatullah mengikuti keputusan pemerintah yang ditetapkan lewat sidang isbat bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam tersebut?

Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad telah menegaskan penjelasannya terkait itu. Penegasan itu disampaikan Kiai Abdurrahman dalam Maklumat Pemimpin Umum Hidayatullah Menyambut Ramadhan 1443H disampaikan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (01/04/2022).

“(Keputusan Hidayatullah ini) sebagai bentuk komitmen Hidayatullah untuk membangun kesatuan ummat serta merajut ukhuwwah Islamiyah,” jelasnya.

Proses penentuan awal Ramadhan oleh pemerintah bersama MUI dan ormas-ormas Islam lewat sidang isbat itu pun, jelasnya, memiliki dan menggunakan kapasitas dan peralatan teknologi modern. “Insya-Allah validitas hasilnya
lebih dapat dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Kiai Abdurrahman pun mengakui, perbedaan sikap di antara umat Islam di Indonesia dalam menentukan 1 Ramadhan, 1 Syawal, termasuk pada tahun 1443H/2022M ini, merupakan salah satu persoalan ummat yang belum dapat dituntaskan.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (01/04/2022), mengatakan, “secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022 Masehi,” dikutip hidayatullah.com.

Menag pun berharap dengan hasil sidang isbat ini, maka semua umat Islam di Indonesia bisa menjalankan ibadah puasa bersama-sama.* (SKR/MCU)

Baca juga: Maklumat Pemimpin Umum: 1 Ramadhan, Hidayatullah Ikut Hasil Sidang Isbat Pemerintah-MUI

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.